Cara merawat generator yang tepat agar tahan lama

Genset atau Singkatan dari Generator Set adalah mesin pembangkit listrik yang biasanya digunakan di pabrik, kantor, toko, dan bahkan daerah pedesaan. Selain pentingnya menggunakan generator, banyak toko menjual generator dengan berbagai merek dan spesifikasi.

Namun seperti perangkat lain, generator harus dijaga agar berfungsi secara permanen dan optimal. Bagaimana Anda menangani generator dengan benar? Berikut uraiannya

1. Tempatkan generator di tempat yang kering
Motor generator tidak harus dimatikan dengan sembarangan. Jika mesin perlu kuat, hindari sinar matahari panas, air atau tempat lembab yang dapat dengan cepat merusak mesin dan bahkan menyebabkan sengatan listrik, yang sangat berbahaya bagi pemakainya.

2. Ganti bagian yang aus
Mesin-mesin dari mesin yang telah digunakan untuk waktu yang lama seringkali tidak lagi berfungsi secara optimal, karena beberapa bagian dipakai. Untuk alasan ini, perlu mengganti bagian yang aus sehingga tidak ada komponen lain yang rusak. Jika Anda ingin tahu persis kapan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti komponen generator, Anda dapat membacanya di manual yang tersedia saat Anda membeli generator.

3. Sirkulasi udara
Saat memasang generator di sebuah ruangan, pastikan sirkulasi udara di ruangan itu bagus. Ini disediakan agar gas buang dari generator gas buang bisa lewat dengan baik di luar. Sehingga pengguna lebih aman dari racun dan motor generator tidak cepat panas.


4. Jaga kebersihan generator
Bersihkan generator secara teratur dari debu, minyak, kotoran atau air, terutama dari radiator. Dengan memperhatikan kebersihan gesekan, generator dapat bekerja secara optimal dan tidak mudah rusak.

5. Gunakan generator dengan benar
Saat menggunakan generator, pastikan Anda benar-benar tahu cara menggunakannya sehingga motor generator itu sendiri tidak menjadi tidak diinginkan atau rusak. Kami menyarankan Anda untuk menghubungi vendor unit tempat Anda membeli unit atau membaca manual generator sehingga Anda dapat menggunakannya dengan hati-hati.

6. Periksa bahan bakar
Bahan bakar adalah salah satu faktor penting dalam pengoperasian generator. Karena terlalu sedikit bahan bakar dapat menyebabkan kekeringan dan kerusakan pada generator.

7. Matikan perangkat jika terjadi sesuatu yang tidak biasa
Jika Anda menjalankan generator dan menemukan sesuatu yang tidak normal, mis Jika kebisingan generator lebih keras dari biasanya atau getarannya terlalu kuat, segera hentikan mesin dan periksa kembali kondisinya. Memaksa generator bekerja, walaupun ada sesuatu yang tidak wajar, dapat menyebabkan mesin tidak berfungsi dengan cepat dan mengganggu operasi secara optimal.

Ini adalah beberapa cara untuk jual genset yang tepat tetap permanen. Pastikan Anda memahami langkah-langkah yang benar untuk merawat mesin ini sebelum membelinya di toko genset berikutnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *